Cara Kalibrasi Baterai Laptop – Consider Replacing Your Battery

Cara Kalibrasi Baterai Laptop – Consider Replacing Your Battery

Jika anda mengalami permasalahan dengan baterai laptop, notebook atau netbook anda. Jangan dulu terburu-buru untuk membuangnya atau menggantinya dengan yang baru. Contoh kasus pada laptop acer yang saya pakai dengan system operasi windows 7. Hanya karena over charge, windows memberikan pesan untuk mengganti baterai laptop murah saya (consider replacing your batere). Ya ampun Bill Gates, ngasih pesan kok gak detect muka dulu… hahaha. Ini terjadi karena system tidak sinkron dengan kapasitas batere, sehinggan mendapatkan data yang keliru.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop - Consider Replacing Your Batere

Setelah berkelana di Google search akhirnya saya mendapatkan beberapa tutorial untukĀ  mengatasi problem baterai laptop saya dengan cara melakukan kalibrasi, bukan di LEM seperti kebanyakan, maksudnya di LEMPAR.

Berikut langkah-langkah saya melakukan kalibrasi untuk laptop acer

  1. Matikan laptop anda kemudian charge sampai penuh.
  2. Jika sudah penuh cabut adaptor laptop anda dan nyalakan kembali.
  3. Masuk ke safe mode (pada Windows 7, tekan F8 sebelum windows loading0, dan pilih Safe Mode)
  4. Tunggu baterai habis ( Masih berada dalam Safe Mode Windows )
  5. Selesai.

Begitulah cara optimal untuk melakukan kalibrasi pada laptop acer saya, mungkin ini bisa di coba di merk lain. Jika problem berlanjut silahkan cari cara lain dulu. Kalo misalkan sudah mentok ya beli saja batere baru. Jika batere anda benar-benar sudah rusak jangan pernah menyalakan Laptop tanpa baterai, meski batere sudah rusak tetap harus berada di tempatnya, karen laptop di design untuk bertahan dengan batere.