Jenis-jenis Layanan yang Ditawarkan Data Center

Pusat data atau data center merupakan provider yang menyediakan ruang untuk meletakkan perangkat jaringan server berskala besar baik untuk kebutuhan penyimpanan sistem operasi, data perusahaan, dan aplikasi perusahaan. Data center wajib didukung dengan fasilitas infrastruktur gedung yang sesuai dengan standard. Hal ini karena pusat data tersebtu harus selalu dapat diakses oleh banyak orang secara terus menerus dalam berbagai kondisi.

Berikut Jenis-jenis Layanan yang Ditawarkan Data Center

  • Jasa colocation menawarkan penyewaan ruang server lengkap dengan infrastrukturnya baik untuk perusahaan jasa aplikasi online, operator telekomunikasi, perusahaan teknologi informasi, perusahaan besar dengan cabang yang tersebar, content provider, dan UKM yang berkembang menjadi perusahaan besar. Jasa colocation tersebut akan menghemat banyak biaya operasional dan modal Anda. Saat ini kebutuhan colocation di Indonesia semakin meningkat dan para penyedia fasilitas dat
  • Managed service data center menyediakan layanan manajemen perangkat  jaringan, load balance jaringan, monitoring jaringan, penyimpanan cadangan terjadwal, konfigurasi cloud server, instalasi virtual server, hingga keamanan server dan jaringan. Meskipun biasanya perusahaan besar sudah mempunyai tim IT sendiri, tetapi bekerjasama dengan tim IT dari pusat data tentu akan memperkuat operasional sebuah sistem operasi.
  • Dedicated server menyediakan hosting khusus yang tidak bercampur dengan klien lain. Dengan demikian, keamanan, aksesibilitas, kestabilan, dan kecepatan tetap terjaga. Jasa dedicated server sangat cocok untuk UKM karena tidak perlu repot – repot menyediakan tim IT dan membeli server.

Saat ini, kebutuhan fasilitas pusat data di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan sudah mulai mengarah pada ‘big data’ mining. Oleh sebab itu, setiap perusahaan yang berencana untuk menggunakan layanan pusat data wajib untuk mengetahui jenis – jenis layanan yang ditawarkan oleh para provider data center di Indonesia.