Apa Itu Whey Protein dan Macam-Macamnya

Apa Itu Whey Protein dan Macam-Macamnya

whey-protein

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa Whey Protein  sama dengan susu pada umumnya. Hal seperti memang tidak sepenuhnya salah karena whey protein ini sendiri berasal dari susu sapi yang diolah sedemikian rupa, hingga menjadi sebuah serbuk yang kaya akan protein berkualitas tinggi. Berbeda dengan kebanyakan susu bubuk atau serbuk lainnya di pasaran, kandungan protein yang terdapat dalam susu bubuk ini jauh lebih banyak dibandingkan susu  bubuk lainnya.

Apa itu Whey Protein

Tahukah Anda bahwa susu sapi memiliki 2 jenis protein, yaitu kasein sebanyak 80% dan yang kedua adalah whey protein itu sendiri sebanyak 20%. Whey protein ini mudah larut ke dalam tubuh, sedangkan kasein tidak, selain itu whey protein juga disebut-sebut sebagai protein yang memiliki kualitas terbaik, karena nutrisi yang da dalam bahan ini  cukup banyak, seperti adanya kandungan asam amino, biological Value, dll . Dengan adanya kandungan nutrisi seperti ini maka wajar saja, ketika seseorang mengkonsumsi minuman ini secara rutin, otot berkembang jadi lebih baik, dapat mengatasi rasa lelah, membantu mengatasi berbagai kerusakan sel dalam tubuh, dll.

Macam-macam whey Protein

Apabil Anda membutuhkan susu yang mengandung whey protein tidak sulit, di pasaran saat ini terdapat 3 jenis bubuk whey protein, seperti :

  1. Whey protein isolate

Yang pertama adalah whey protein isolate, ini adalah kandungan terbaik dari whey protein, dimana kandungan proteinnya masih murni yaitu sebanyak 90% hingga 100%. Produk seperti ini paling baik jika digunakan oleh para binaragawan, atau mereka yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih baik. Susu jenis ini rendah lemak, dan juga karbohidrat, namun penuh dengan protein yang dapat membentuk otot, dan juga berbagai mam kebutuhan tubuh lainnya. Bubuk yang satu ini juga dapat dikonsumsi oleh mereka yang diet, atau menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuhnya.

  1. Whey protein concentrate

Bubuk whey protein yang kedua adalah whey protein concentrate, bubuk whey protein yang satu ini juga mempunyai kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh. Namun kandungan ini masih kalah baik dengan bubuk why protein isolate. Minuman seperti ini paling cocok untuk Anda yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih baik, sehat, dll, dapat mengkonsumsi susu jenis ini.

  1. Kasein protein

Yang terakhir adalah kasein. Seperti dijelaskan di atas bubuk yang satu ini tidak mudah diserap oleh tubuh, maka dari itu bubuk yang satu ini membutuhkan waktu lama untuk larut dan bersatu di dalam tubuh. Berbeda dengan mengkonsumsi whet protein isolate dan concentrate, protein jenis ini dapat langsung digunakan, dan tidak membutuhkan proses yang lama. Sedangkan kasein membutuhkan proses larut yang cukup lama. Mengkonsumsi susu seperti ini sebaiknya ketika santai, seperti malam tiba, dimana bubuk yang satu ini membantu meregenerasi sel dalam tubuh dan juga membantu memperkuat otot dengan baik.

Minuman seperti ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja, tidak hanya pada binaragawan, tetapi Anda yang ingin memiliki tubuh yang bagus serta otot yang kuat juga dapat mengkonsumsi minuman ini.

Dengan demikian jelas sudah, bahwa bubuk whey protein ini bukan sekedar susu biasa, melainkan sebuah susu yang sangat kaya akan protein. Dengan adanya Whey Protein  yang padat seperti ini, pastinya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik, perkembangan beberapa jaringan tubuh juga menjadi lebih baik, seperti  jaringan otot, sel-sel dalam tubuh, dll.