Manfaat Propolis Untuk Kecantikan Kulit Dan Wajah

Manfaat Propolis Untuk Kecantikan Kulit Dan Wajah

propolis

Di era yang serba canggih ini, masih banyak wanita yang menggunakan propolis untuk menunjang kecantikan wajah mereka. Propolis sendiri merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah selain royal jelly, polen dan juga madu. Propolis juga lebih dikenal dengan sebutan lem lebah karena biasa digunakan lebah untuk mengelem sarang demi melindungi sarang lebah dari serangan virus, bakteri serta kuman. Propolis sendiri terbuat dari getah pohon yang dikumpulkan oleh lebah ketika cuaca sedang hangat. Ketika sudah terkumpul, getah pohon tersebut kemudian akan dicampurkan dengan air liur yang disimpan dalam perut. Propolis kemudian akan dibawa kembali ke sarang dan digunakan untuk menambal lubang yang terdapat dalam sarang lebah.

Selain digunakan untuk menambal lubang yang terdapat dalam sarang lebah, propolis juga digunakan sebagai zat antiseptic yang bermanfaat untuk menghindari terjadinya kontaminasi parasit serta digunakan sebagai obat bagi koloni lebah yang lain. Propolis sendiri baru akan mempunyai khasiat setelah diencerkan dan dimasak dengan bahan tertentu agar dapat terurai serta bisa diserap oleh sistem pencernaan tubuh anda. selain berguna untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, propolis ternyata sangat berkhasiat untuk kecantikan wajah. Berikut adalah beberapa manfaat propolis untuk kecantikan wajah.

Manfaat propolis untuk kesehatan

  • Antiseptic alami

Propolis mengandung zat antiseptic alami yang tidak bisa anda temukan dalam produk lebah yang lain. Zat antiseptic inilah yang mampu menyembuhkan luka dengan waktu yang relative singkat. Selain itu, propolis juga mampu menyembuhkan luka-luka jenis lain. Yang lebih menariknya lagi, propolis ternyata juga mengandung antibody alami yang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

  • Antioksidan yang tinggi

Kebanyakan orang menganggap jika propolis hanya digunakan sebagai suplemen gizi. Namun, sebenarnya propolis tidak hanya mengandung zat antioksidan namun juga kaya akan asam amino, vitamin dan juga mineral. Propolis juga mengandung bioflavanoid yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta melawan radikal bebas.

  • Meningkatkan vitalitas

Selain mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh, propolis juga berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas. Selain itu, propolis juga berkhasiat untuk meningkat sirkulasi dalam darah dan juga meningkatkan vitalitas.

Manfaat propolis untuk kulit dan wajah

Selain sangat berkhasiat untuk kesehatan, propolis ternyata juga sangat bermanfaat untuk kulit dan wajah. Zat-zat alami yang terkandung dalam propolis sendiri mampu mengatasi berbagai macam keluhan kulit maupun wajah. Propolis mengandung kurang lebih lima puluh zat flavanoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat untuk kulit dan wajah.

  • Rambut

Propolis juga bisa digunakan untuk merawat rambut. Propolis mampu memperkuat serta menyehatkan rambut dan juga kulit kepala. Flavanoid, vitamin dan juga minyak esensial yang terdapat dalam propolis mampu melembutkan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut serta membuatnya semakin berkilau.

  • Jerawat

Selain untuk rambut, propolis juga berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan propolis mengandung zat antibakteri serta memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Penggunaan propolis sendiri bisa digunakan secara internal maupun eksternal. Cukup mengoleskan propolis secara langsung ke bagian wajah yang terkena jerawat. Jerawat anda akan hilang dalam waktu beberapa hari saja.

  • Menghaluskan kulit

Selain digunakan untuk mengobati jerawat, propolis juga bisa dijadikan masker untuk menghaluskan kulit. Selain itu, propolis juga mengandung flavanoid yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda-noda hitam pada wajah.