Waspadai Efek Samping Penggunaan Propolis

Waspadai Efek Samping Penggunaan Propolis

Kendati propolis sudah lama dikenal memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, akan tetapi banyak juga yang ingin tahu mengenai efek samping dari mengkonsumsi propolis. Seperti yang diketahui, propolis merupakan produk yang dihasilkan oleh lebah. Bahan yang terkandung dalam propolis antara lain serbuk sari, lilin lebah serta sekresi lebah. Beberapa tahun belakangan ini, popularitas propolis memang tengah meningkat karena dikenal sebagai salah satu obat alami yang mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit serta meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk khasiat propolis memang sudah tidak diragukan lagi karena memang sudah dibuktikan secara ilmiah. Meskipun banyak penelitian yang menunjukkan jika propolis tidak mempunyai efek samping yang serius untuk kesehatan, jika tidak ditangani dengan baik, maka tentu saja akan menimbulkan masalah yang serius nantinya.proses penyembuhan dengan menggunakan propolis cenderung menerapkan prinsip reaksi-balik. Hal ini artinya akan timbul beberapa reaksi dari dalam tubuh ketika mendapat pengaruh positif dari propolis itu sendiri. Reaksi balik ini kemudian sering dikenal dengan istilah healing process atau proses penyembuhan. Propolis akan bekerja dengan sangat baik dalam tubuh  namun pada tahap awal anda akan merasa jika penyakit anda belum sembuh.

Bagi beberapa orang yang masih baru menggunakan propolis, mungkin akan merasa sedikit kurang nyaman. Bahkan sebagian mungkin berpikir jika penyakit yang diderita malah menjadi semakin parah. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut karena proses tersebut merupakan proses penyembuhan. Setelah menggunakan propolis selama sepekan, niscaya keluhan itupun akan hilang dengan sendirinya.

Efek samping propolis

Semua orang pasti setuju jika propolis sangat berkhasiat untuk kesehatan. Propolis sendiri merupakan suplemen alami yang relative aman untuk dikonsumsi. Para produsen pun banyak yang menganggap bahwa propolis tidak mempunyai efek samping apapun bagi tubuh. Namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa propolis juga bisa menyebabkan alergi dan juga pencernaan.

Namun apabila dibandingkan dengan manfaatnya yang luar biasa, efek samping dari propolis memang masih sangat minim dan masih bisa ditoleransi. Berikut adalah beberapa efek samping dari propolis yang harus anda ketahui:

  • Diare dan mual: merupakan proses penyembuhan sistem pencernaan
  • Pusing dan sakit kepala: proses penyembuhan gangguan pada kepala
  • Demam: pengikatan virus dan bakteri yang terdapat dalam tubuh
  • Gatal-gatal: pembuangan racun dalam tubuh
  • Mengantuk: detoksifikasi tubuh dan penyembuhan fungsi dari hati
  • Bersin dan batuk: pengeluaran racun melalui dahak
  • Kejang: penyembuhan radang ginjal
  • Nyeri sendi: penyembuhan penyakit rematik
  • Pegal: pembuangan racun serta membersihkan zat-zat yang ada dalam pembuluh darah
  • Berkeringat: pembuangan racun yang dilakukan lewat kulit.

 

Penggunaan

Propolis merupakan produk yang berasal dari lebah. Maka dari itu, apabila anda mempunyai alergi terhadap madu maupun sengatan lebah, maka sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi propolis dalam kadar tertentu. Hal ini juga berlaku pada orang yang memiliki riwayat penyakit asma karena menurut penelitian propolis berpotensi untuk memperparah keadaan asma. Apabila anda masih ragu apakah propolis bisa menyebabkan alergi, cobalah untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit. Apabila anda mendapati suatu reaksi yang tidak wajar, maka segera hentikan konsumsi propolis ini.

Konsumsi propolis dalam batas yang wajar tentu akan menghindarkan anda dari beberapa efek samping yang merugikan. Selain itu, anda juga harus selalu memperhatikan efek smping dari propolis yang anda konsumsi supaya terhindar dari hal-hal buruk di masa yang akan datang.