Apa Yang Di Maksud Colocation Server?

Apa Yang Di Maksud Colocation Server?

Anda yang bergerak di bidang web Hosting tentu mengerti benar apa yang di maksud Colocation server dan pentingnya menggunakan alat ini. Dengan menggunakan alat ini, maka Anda akan lebih mudah menjalankan web server tanpa hambatan. Colocation sendiri adalah sebuah pilihan hosting, untuk usaha online kecil, yang menginginkan fitur gratis dari departemen IT. Perusahaan-perusahaan besar akan menggirim tim IT profesionalnya untuk mengelola serta merancang situs web yang mereka miliki sendiri. Colocation adalah salah satu pilihan yang tepat.

 

Sumber : NEX Datacenter

 

Colocation akan menempatkan mesin server yang Anda miliki di rak yang sama dengan orang lain, yang memiliki bebagai macam bandwith. Untuk masalah harga, sebenarnya harga yang diberikan cukup standar dengan web hosting, tapi bandwith yang diberikan cukup lumayan.

Untuk memperoleh Colocation ini, ada 2 cara, yaitu :

  1.  Anda dapat pergi ke penyedia Colocation, kemudian menginstalnya di salah satu rak yang mereka miliki.
  2. Anda dapat menyewa server yang dimiliki oleh penyedia Colocation, yang kemungkinan, penyedia layanan tersebut, akan memberikan IP, bandwith dan juga server.

Jika hal tersebut dapat Anda  peroleh, maka Anda dapat mengakses situs web, pada penyedia hosting, namun bedanya Anda telah memiliki perangkat kerasnya.
Keuntungan menggunakan Colocation
Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika menggunakan Colocation ini, seperti :

  1. Untuk masalah biaya, jika Anda menggunakan Colocation, maka And akan menghemat banyak sekali biaya, jika dibandingkan menggunakan server tunggal, dengan bandwith yang sama dengan Colocation.
  2. Fasilitas yang disediakan oleh Colocation ini, cukup baik, termasuk perlindungan terhadap pemadamam. Menggunakan generator saja tentu belum cukup untuk menjaga server tetap terjaga sepanjang waktu. Untuk mengatasinya penyedia Colocation biasanya akan menurunkan  situt web yang dimilikinya selama pemadaman berlangsung.
  3. Apabila mesin atau memori dinilai lambat Anda dapat meng-upgradenya, tanpa perlu menunggu penyedia yang meng-upgradenya.
  4. Ketika menggunakan perangakt lunak, Anda tidak harus bergantung pada penyedia hosting. Untuk menginstal aneka software atau aneka alat yang digunakan. Karena semuanya bisa dilakukan sendiri. Terutama jika Anda menggunakan ASP atau juga ColdFusion, hal ini harus Anda beli dan menginstalnya di perangkat lunak tersebut.

Semoga pembahasan di atas dapat menjawab pertanyaan anda tentang apa yang di maksud colocation server. Jika anda ingin memakai layanan colocation server anda bisa mengunjungi NEX datacenter yang merupakan penyedia layanan data center dan colocation yang berada di Jakarta, Indonesia.