Langkah-Langkah Penting Web Designer Dalam Membuat Desain Web

Langkah-Langkah Penting Web Designer Dalam Membuat Desain Web

Seorang web designer tentunya memberikan peranan yang sangat penting untuk mempercantik tampilan suatu website dan menjadikan web itu sendiri berkualitas. Tampilan website itu sendiri didukung oleh peranan template pada software yang disediakan pembuat web atau web desain, di antaranya Corel WebDesigner, Frontpage dan lain sebagainya ditujukan demi mempermudah pemakaiannya untuk membangun sebuah website. Tidak masalah sebenarnya jika Anda sudah merasa puas dengan hasil web desain yang sudah cukup baik bagi sebuah website.

Berbeda halnya bagi Anda yang masih merasa belum puas dengan hasil web desain yang dibuat, tentu perlu memahami apa yang seharusnya dilakukan web designer ketika membangun sebuah website, hal ini terlepas dari bakat seni maupun tidak seperti berikut ini :

  1. Komposisi Warna

Para desainer web tentunya harus selalu memperhatikan dan mengutamakan komposisi warna untuk digunakan pada situs web yang telah dibuatnya. Anda bisa memakai pallete 216 webColor, bisa diperoleh lewat Adobe.com. Adapun hal tersebut bertujuan mencegah adanya dither dalam image dengan format GIF. Untuk membangun sebuah website perusahaan, desainer web biasanya akan selalu menyesuaikan berbagai warna yang dipakai melalui Corporate Color dari perusahaan tersebut.

  1. Harus Lebih Unik

Untuk membuat sebuah karya, maka seorang desainer web memiliki kesadaran agar tidak meniru maupun menjiplak mentah-mentah hasil karya ari orang lain. Maka dari itu, diusahakan para desainer web untuk tidak memakai animasi, ikon, button, dan sebagainya. Selain itu, pastikan Anda membuat sebuah desain web yang unik dan benar-benar kreatif agar menghasilkan sebuah website yang berkualitas.

  1. Semiotik

Semiotik merupakan ilmu dasar yang mempelajari mengenai tanda-tanda. Untuk hal tersebut diharapkan lewat gambar atau tanda, maupun user/audience bisa lebih cepat dan mudah dimengerti. Adapun contohnya, yaitu jangan membuat image dengan kesan tombol, yang sebenarnya justru itu bukanlah link atau tombol.

  1. Simpel

Seperti kita ketahui, banyak sekali desainer web itu sendiri lebih banyak mengutamakan kesederhanaan atau membuat suatu web yang simpel dibandingkan yang penuh warna atau terlalu detail. Adapun hal tersebut bertujuan supaya tampilan website yang dibuat terlihat lebih informatif, bersih dan rapi.

  1. Ergonomis

Seorang desainer web juga harus selalu memperhatikan dari segi ergonomi. Di mana ergonomi ini maksudnya yaitu kenyamanan user untuk membaca serta kecepatan user untuk menelusuri situs web itu sendiri. Desainer web menentukan ukuran font tepat agar mudah dibaca, desainer web meletakkan link hingga sedemikian rupa agar lebih cepat dan mudah agar bisa diakses serta hal yang paling penting yaitu informatif.

  1. Konsisten

Pekerjaan seorang desainer web itu sendiri harus benar-benar konsisten dalam menentukan jenis font yang hendak digunakan, sebagai judul, body text, sub judul maupun sebagainya. Dengan begitu website ini akan terlihat lebih rapi dan disiplin. Dengan menyesuaikan jenis font atau huruf yang dipakai dengan visi dan misi dari website itu sendiri, contohnya dengan menghindari pemakaian font comic untuk membangun website sebuah perusahaan yang resmi.

  1. Lebih Fokus

Desainer web harus menentukan hierarki prioritas terhadap pesan yang hendak disamppaikan, contohnya judul dibuat harus lebih besar namun tidak sampai bertabrakan dengan subjudul dengan ukuran yan hampir sama. Di mana hal tersebut justru membingungkan audience atau user yang bertujuan menentukan mana pesan yang mesti didahulukan untuk dilihat atau dibaca.

Itulah aspek terpenting yang mesti digunakan web designer dalam membuat sebuah web design atau desain website dengan maksimal.

stucel-logo