Sosial Media Yang Paling Populer Di Dunia

Inilah Macam-macam Sosial Media yang Populer di Dunia

Sosial media atau situs yang menyediakan wadah bagi penggunanya untuk saling berinteraksi secara Online. Di media sosial kamu bisa saling berinteraksi dengan pengguna lain, atau mungkin malah menjalin hubungan bisnis dengan orang dari berbagai kalangan.

Di zaman sekarang ini media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, mereka seperti orang kecanduan yang akan merasa aneh bila sehari saja tidak menggunakan situs berbagai informasi ini. Saat ini jejaring media sosial sudah banyak sekali jenisnya, bahkan saking banyaknya akan membuat Anda bingung dalam memilih media sosial apa yang cocok untuk anda.

Namun pada intinya sosial media hanya memiliki satu fungsi yaitu menjalin komunikasi secara online. sekarang saya akan coba bahas media sosial apa saja yang paling populer di Indonesia.

Sosial Media yang Populer di Dunia

Orang Indonesia adalah pengguna terbesar yang ada didunia. Di beberapa media sosial indonesia mendapat peringkat atas dalam daftar pengguna media sosial paling aktif yang ada di dunia. Ayo cekidot apa saja daftar media sosial paling popuper di dunia.

  1. Facebook

    Media Sosial - Facebook

    Media Sosial – Facebook

    Media sosial buatan Marq Zuckerberg ini memang menduduki peringkat pertama di media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, saya yakin Anda pun juga termasuk salah satu pengguna media sosial ini kan? terlepas suka atau tidak suka, saat ini Facebook merupakan media sosial paling populer di dunia.

    Sejak diluncurkan pada tahun 2004, kini Facebook sudah dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya, mulai dari yang awam internet sampai yang sudah ahli pun tidak akan mengalami kesulitan menggunakan Facebook sebagai media berbagi informasi di dunia maya. Kepopuleran Facebook inilah yang mengantarkan Marq Zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya di dunia diusia yang masih muda.

  2. Twitter

    loro

    Media Sosil – Twitter

    Pada peringkat kedua media sosial yang paling populer di media sosial adalah Twitter. Media sosial yang mirip seperti Microblog ini tercatat sebagai media sosial yang paling aktif penggunanya. Sejak diluncurkan tahun 2006, Twitter tumbuh dengan pesat.

    Bagi yang suka membagikan status singkat jelas dan padat Twitter adalah tempat yang tepat untuk Anda. Hampir seluruh pengguna internet menggunakan Twitter, diantaranya selebritis, politikus, dan juga relawan mereka semua menggunakan media sosial ini untuk kepentingan masing-masing.

  3. Google Plus

    Media Sosial - Google Plus

    Media Sosial – Google Plus

    Media sosial ini merupakan kepunyaan Google Inc, seperti yang kita tau, saat ini Google adalah tempat untuk mencari sumber informasi yang paling mudah, cukup dengan mengetik kata kunci dimesin pencarian kita akan dikasih ribuan website yang memuat informasi tersebut.

    Google Plus dibesut Google pada tahun 2011, kepopuleran Google+ juga sudah mendunia. Untuk membuat akun media sosial ini juga sangat mudah, Anda cukup membuat akun Google maka akan secara otomatis mempunyai akun Google+.

    Google Plus menyediakan layanan Profile, Google Maps, Google buuz dan beberapa yang lain yaitu Circles, Hangout dan masih banyak lagi. Tetapi tidak banyak orang yang aktif di Google+ entah karena belum tau atau memang kesulitan dalam menggunakannya.

  4. Instagram

    Media Sosial - Instagram

    Media Sosial – Instagram

    Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto dan video yang paling populer saat ini. Pada awalnya Instagram hanya tersedia di aplikasi IOS (Iphone / Ipad), tapi saat ini sudah tersedia untuk berbagai OS yang lain seperti Android, Symbian, Windows Phone, dll. Kelebihan dari media sosial Instagram adalah bisa mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan profesional.

    Fitur yang tersedia di media sosial yang satu ini hampir sama dengan media sosial yang lain yaitu ada hastag, ada Comment, ada mention, ada like, ada follow, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hampir setiap hari ada jutaan foto dan video yang telah di unggah di Instagram. Bagaimana apakah anda sudah mempunyai media sosial yang satu ini.?

  5. Pinterest

    Media Sosial - Pinterest

    Media Sosial – Pinterest

    Jejaring sosial ini memungkinkan anda untuk berbagi foto, acara, minat dan hobi. Bukan hanya hanya sekedar berbagi foto atau file biasa, ternyata anda bisa mengelompokkan foto tersebut ke dalam kategori sesuai dengan objek foto tersebut.

    Hal menarik lainnya dari Pinterest adalah Anda bisa meng-upload foto ke pinboard, lalu meng-sharenya kedalam website atau media sosial lainnya. Di Indonesia atau dinegara asia lainnya memang kurang populer jika dibanding dengan media sosial lain. Apakah Anda tertarik dengan Pinterest, atau malah bahkan Anda sudah mempunyainya?

  6. Tumblr

    Media Sosial - Tumb1r

    Media Sosial – Tumb1r

    Tumblr merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan post yang berbentuk blog mini yang bisa dilihat di dashboard pengguna lainnya yang mengikuti kita. Anda bisa mengkoneksikan Tumblr dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, atau Google Plus sehingga kita Anda mem-posting sesuatu di Tumblr akan secara otomatis akan masuk dan tampil di media sosial lain.

    Seperti layanan web lain, Tumblr juga bisa mendesain tampilan dengan HTML. Jadi anda bisa bebas mendesain tampilan profil Anda sesuai dengan keinginan Anda. Yang membedakan antara Tumblr dengan blog/website profesional adalah Tumblr merupakan blog yang berbasis jejaring sosial. Oleh karena itu yang di post lebih bersifat pribadi. Untuk Anda yang suka ngeblog sambil santai bersosial ria, Tumblr adalah media sosial yang tepat untuk anda.

  7. Flickr

    Media Sosial - Flickr

    Media Sosial – Flickr

    Flickr adalah media sosial yang khusus untuk berbagi foto. Pada media sosial ini memungkinkan kita untuk meng-tag dengan kata kunci populer, sehingga foto atau video yang kita upload akan tersebar luas di mesin pencari. Keanekaragaman foto yang dibagikan di Flickr membuat para pemilik blog menjadikan referensi untuk mencari gambar yang berkualitas. Jadi bagi anda yang menyukai fotografi, melukis atau membuat video bisa juga memanfaatkan media sosial ini untuk menyalurkan hobi yang Anda miliki.

  8. Likedln

    Media Sosial - LinkedIn

    Media Sosial – LinkedIn

    Media sosial Likedln memungkinkan anda untuk terhubung dengan jejaring bisnis. Singkatnya dengan memiliki akun Likedln Anda bisa terhubung dengan orang-orang profesional yang ada dijaringan bisnis dunia. Likedln menyediakan lebih dari 20 bahasa layanan termasuk bahasa Indonesia.

    Yang menarik di Likedln adalah para pengusaha bisa mencari langsung tenaga pekerja yang potensial untuk kemajuan perusahaannya, begitu juga sebaliknya para pencari kerja bisa melihat profil calon pekerjaan atau manajer HRD. Bagaimana apakah Anda sudah mencoba media sosial yang satu ini.

  9. Ask.Fm

    Media Sosial - Ask.fm

    Media Sosial – Ask.fm

    Situs jejaring sosial ini memungkinkan Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada orang lain. Fungsi utamanya kurang lebih sama dengan Yahoo Answer. Bila Anda mempunyai pertanyaan yang tidak bisa sendiri, Anda bisa mem-posting pertanyaan itu ke Ask.fm untuk mendapatkan jawaban.

    Biasanya yang menjawab di Ask.fm adalah ahli dalam bidangnya. Bagaimana, asik bukan? tapi Anda harus tetap berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan, karena pertanyaan Anda bersifat publik jadi siapapun bisa membaca dan berkomentar. Bertanyalah hal yang bersifat wajah, karena sudah banyak kasus dimana pengguna di bully karena pertanyaan yang diajukan.

  10. Social “Chat” Apps

    Sosial Chat Apps

    Sosial Chat Apps

    Yang terakhir agak berbeda dari daftar yang lainnya, Aplikasi ini bersifat lebih pribada dan biasanya hanya ada di aplikasi ponsel seperti Nokia, Android, Blackberry, Symbian, Windows Phone. Banyak orang yang menggunakan layanan media ini untuk mengaktifkan fitur sms dalam berkomunikasi. Aplikasi chat ini lebih praktis dari sms, atau email karena aplikasi ini bisa diakses dari jaringan kartu sim dan koneksi Wi-Fi.

    Kita bisa berkomunikasi dengan sahabat, teman, keluarga dan dimanapun Anda berada. Perbedaan cara berkomunikasi pada masing-masing aplikasi chat tidak terlalu banyak, semuanya rata-rata menyediakan fitur percakapan personal dan juga percakapan group. Yang berbeda dari cara penambahan kontak teman ( dengan pin / user ID / nomer telepon ) dan juga perbedaan dari segi hiburan ( emoticon / sticker / file sharing / voice call dan video call ).

    Apakah Anda sudah tau macam-macam aplikasi media sosial yang paling populer di dunia. Media sosial mana yang menjadi favorit Anda? tapi apapun media sosialnya gunakan dengan bijak. 😉
    Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang media sosial.