Gitar Termahal di Dunia

Gitar Termahal di Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan Gitar. Alat musik populer yang menggunakan senar bisa sampai 8-16, namun yang sering kita temui adalah dengan menggunakan 6 senar. Gitar bisa memainkan beberapa peran aliran diataranya Punk, Rock, Jazz, Blues dan masih banyak aliran lainnya. Namun, disini saya tidak akan membahas aliran musik dari gitar tersebut. Yang akan saya bahas disini adalah harga dari sebuah Gitar tersebut. Siapa yang mengira alat musik musik yang satu ini bisa menjadi sangat malah.

Harga Gitar bisa mencapai 1,5 juta bahkan ada yang sampai Miliaran Rupiah. Semua itu tergantung dari Merk, Senar yang digunakan.

Gitar Termahal Yang Pernah Dijual

Gitar termahal pernah mencapai harga Rp 1,3 miliar. Bagaimana, fantastis bukan?. Alasan gitar tersebut bisa sangat mahal tentu saja dari segi sejarah dan pemilik gitar tersebut. Berikut ini adalah daftar gitar termalah yang pernah dijual.

5 Gitar Termahal

Inilah 5 Gitar termahal yang terjual banyak diantarnya dijual di tempat lelang untuk acara amal.

    1. Gibson Es-335

      Tahun: 1964
      Pemilik: Eric Clapton
      Terjual: Rp 11,6 Miliar

      Gitar ini menjadi salah satu kisah kehebatan sang maestro Eric Clapton. Gitar ini terakhir digunakan Clapton pada pertunjukan Cream November 1968 bersama Blind Faith. Gitar ini dilelang di balai lelang Christie pada 2004 dan menjadi 3 gitar termahal pada saat itu.

    2. Blackie Strat

      Tahun: 1970
      Pemilik: Eric Clapton
      Terjual: Rp 13,2 Miliar

      Gitar inilah yang menjadi icon dari Eric Clapton yang beralih dari Gibson ke gitar Stratocaster pada tahun 1970. Eric membeli enam gitar model Strat, tiga gitarnya ia berikan kepada George Harrison, Pete Townshsend dan SteveWinwood. Tiga sisanya diantaranya si Blackie. Untuk mendukung pusat Chrossroads di tahun 2004 Blackie dilelang dengan seharga US$ 959.500.

    3. Washburn 22 Seri Elang

      Tahun: 1970
      Pemilik: Bob Marley
      Terjual: Rp 16,4-27 Miliar

      Tidak tepat diketahui secara pasti namun gitar ini sangat jarang digunakan oleh Bob Marley. Gitar ini dianggap Washburn pertama yang dibuat, si Bob memberikan gitar ini kepada Gary Carlsen, teknisi gitarnya.

    4. Fender Stratocaster

      Tahun: 1968
      Pemilik: Jimi Hendrix
      Terjual: Rp 27,4 Miliar

      Gitar ini dilaporkan dibeli oleh Paul Allen dari Microsoft sebesar US$ 2 juta pada tahun 1998 dan ditempatkan di Experience Music Project di Seattle yang menjadi kampung halaman Hendrix itu sendiri. Hendrix memang banyak memainkan berbagai gitar sepanjang kariernya namun Si Fender Stratocaster inilah yang menjadi instrumen yang paling mengikat.

    5. Asia Fender Stratocaster

      Tahun: 2005
      Pemilik: –
      Terjual: US$ 3,7 juta

      Gitar ini dilelang pada tahun 16 November 2005 di Doha, Qatar, Untuk mengumpulkan dana bagi korban bencana Tsunami di Asia. Gitar yang ditandatangai oleh beberapa pemusik rock. Eric Clapton, Mick Jagger, Keith Richard, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, Ray David, dan Bryan Adams. Gitar yang telah menghasilkan US$ 3,7 juta ini akhirnya menjadi salah satu gitar paling malah di Dunia.