Menilik KTP dari Berbagai Negara di Asia Tenggara

Menilik KTP dari Berbagai Negara di Asia Tenggara

Akhir-akhir ini publik sedang disibukkan dengan adanya pemberitaan mengenai korupsi E-KTP di Indonesia. Bagaimana tidak? Dengan jumlah korupsi yang mencapai total miliaran rupiah dan banyaknya instansi yang terkait. KPK bahkan menyatakan secara gamblang bahwa kasus ini adalah kasus mega korupsi yang terbesar yang pernah ditangani. Berbagai penyelidikan dan sidang dilakukan untuk mencari tahu kebenaran kasus ini. Banyak dari tersangka yang mengaku tidak tahu dan tidak menerima suap berdasarkan yang dituduhkan.

Namun, mengesampingkan kasus tersebut, yang akan kita bahas sekarang adalah desain KTP atau biasa disebut sebagai ID card yang ada di negara-negara tetangga Asia Tenggara. Kebanyakan dari KTP tersebut sudah dalam bentuk kartu elektronik dan terhubung dengan berbagai perusahaan penyedia jasa dan barang. Berikut adalah gambaran KTP dari masing-masing negara di Asia Tenggara :

KTP Brunei

Salah satu negara terkecil namun dengan pemimpin yang luar biasa kaya, Brunei sudah memiliki KTP dengan sistem elektronik. Hal tersebut bisa terlihat dari adanya chip pada bagian kiri.

KTP Myanmar

Sebagai salah satu negara yang dikuasai oleh militer, KTP di malaysia masih dalam bentuk manual, bahkan terlihat hanya seperti kertas yang ditulis.

KTP Kamboja

Sekilas hanya terlihat seperti kartu biasa, namun, inilah KTP di kamboja, tidak ada data yang ditulis pada kartu sama sekali. Semua data hanya bisa diakses dengan sistem elektronik saja.

KTP Malaysia

Uniknya KTP di Malaysia adalah kolom agama hanya tertulis khusus untuk mereka yang beragama Islam. Seperti yang diketahui, Malaysia memperbolehkan judi dan alkohol, namun melarang keras bagi mereka yang beragama Islam. Oleh karena itu, mereka yang beragama Islam jika menunjukkan KTP maka tidak akan diperbolehkan dengan alasan apapun.

KTP Filipina

Filipina sedang dalam proses menuju KTP elektronik. KTP di atas adalah KTP rancangan yang nantinya akan digunakan di negeri tersebut.

KTP Singapur

Keunikan KTP pada negeri singa adalah adanya Ras dan Tulisan nama dalam ras masing-masing. Karena Singapur sangat menghargai perbedaan, maka mereka memperbolehkan nama dalam bahasa masing-masing.

KTP Thailand

Walaupun sudah menganut sistem elektronik, KTP di Thailand masih memiliki tanggal kadaluarsa. Sama seperti di Indonesia

KTP Vietnam

Sebagai salah satu negara yang belum menerapkan sistem elektronik, KTP Vietnam diharuskan untuk pembaruan setiap 15 tahun.