Peluang Usaha Saat Bulan Puasa

Peluang Usaha Saat Bulan Puasa

Tak terasa sebentar lagi bulan puasa tiba. Bulan yang paling dinanti-nantikan oleh para umat muslim untuk menjalankan kewajibannya pada Allah SWT. Pada bulan ini, terdapat satu fenomena menarik, yaitu di saat banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman.

Fenomena bulan puasa atau Bulan Ramadhan di setiap tahun selalu menjadi berkah tersendiri bagi sebagian masyarakat yang mencari rejeki di usaha musiman ini. Banyaknya penjual dadakan yang seringkali muncul hanya dengan membuka lapak atau meja di sekitar lahan yang strategis mampu mengejutkan masyarakat. Bahkan tidak jarang, menimbulkan kemacetan karena dipenuhi oleh orang-orang yang mencari cemilan untuk buka puasa di perjalanan.

Berbagai jenis cemilan yang disediakan, atau biasa juga disebut dengan takjil selalu menjadi incaran orang-orang yang ingin berbuka puasa. Beberapa di antaranya adalah Risol, Bakwan, Tempe goring, Tahu goring, Pisang goring, Kroket, Pastel, Martabak, Asinan, Kolak, dan Bubur Sum-sum adalah camilan yang popular dijajakan untuk berbuka puasa.

Tidak hanya makanan kecil saja yang dijajakan, tetapi juga makanan berat, seperti ayam goreng, pepesan tahu, pepesan ikan, gudeg, daging serundeng, sayur singkong, telur balado, orek tempe, sampai mie goreng juga seringkali disajikan oleh para penjual dadakan ini.

Salah satu alasan larisnya dagangan makanan berbuka puasa tersebut adalah karena harga yang ditawarkan pada berbagai jenis makanan tersebut masih dapat terjangkau masyarakat, mulai dari Rp 500-15.000 tergantung pada jenis makanannya.

Berikut ini kami akan bagikan beberapa jenis peluang usaha makanan ataupun jajanan yang laris manis saat bulan Ramadhan tiba.

 

KOLAK PISANG DAN KOLAK CAMPUR

Menjelang buka puasa, biasanya banyak orang yang suka cari yang manis-manis, ada yang berjualan kolak, es teler, kolang-kaling, sop buah dan lain-lain. Sekedar tips, kalau mau bikin kolak dan yang manis-manis , gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas bagus, jangan menggunakan biang gula. Dengan harga yang sedikit lebih mahal, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih terjamin dalam hal kesehatan dan juga rasa.

 

KUE KERING

Kue kering adalah salah satu jajanan paling laris menjelang Lebaran, karena banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk bikin kue. Beberapa contoh kue kering yang laku dipasaran adalah kastengels, kue sagu keju, nastar, kue putri salju, kue kacang, kue coklat , dll. Inti paling penting dari berjualan kue kering adalah rasa yang berbeda. Selain rasa, harga, kualitas dan kebersihan adalah salah satu faktor yang mendukung.

 

PARCEL ANEKA KUE LEBARAN

Banyak yang melakoni usaha parcel karena untungnya lumayan, biasanya pembeli membeli parcek unutuk dikirimkan kepada sanak saudara, atau relasi bisnis. Salah satu kunci penting dari bisnis parcel adalah cara merangkai dan menyusun parcel. Parcel memiliki harga dan juga isi yang bervariasi, dari yang murah sampai mahal. Selain merangkai dan menyusun parcel, salah satu kunci penting berbisnis parcel adalah pemasaran. Salah satu teknik pemasaran terbaik yang bisa Anda gunakan saat ini adalah dengan menggunakan social media seperti facebook, twitter, dan instagram. Tergantung pada cara pemasarannya, hal tersebut akan menentukan apakah kita bisa berhasil atau tidak

Selain itu, tips penting lainnya dari saya, ada baiknya sebelum bulan puasa, kita sudah menyediakan stok bahan-bahan yang awet , seperti terigu, coklat bubuk, keju, toples dll. Karena saat Bulan Ramadhan bahan-bahan tersebut akan menjadi lebih sulit didapatkan, bahkan beberapa tempat akan menjadi lebih mahal dari biasanya. Dengan mempersiapkan stok sebelumnya, maka Anda akan bisa membuat sajian dengan tenang.

 

Cukup sekian artikel dari Saya Rangga