Permainan Masa Kecil

Permainan Masa Kecil

Bagi Anda yang berasal dari generasi 80 atau 90an, pasti masih mengingat beberapa permainan yang dulu sering dimainkan bersama dengan beberapa teman masa kecil. Permainan yang dimainkan bersama dengan beberapa teman masa kecil yang asik dan seru di antaranya adalah :

Pletokan

Permainan tembakan dari bambu atau biasa disebut pletokan. Permainan ini terbuat dari bambu muda yang basah dan peluru nya dari koran bekas yang sudah tidak terpakai permainan ini sangat menyenangkan dan tidak bahaya. Jika kalian masih ingat kalian bisa membeli mainan ini seharga 3000 biasa nya mainan ini di jual di depan sekolah sd atau tk permainan ini masih banyak di mainkan hingga sekarang.

Panggal atau Gangsingan

Permainan panggal atau di sebut juga gangsingan terbuat dari kayu jati yang di bentuk bulat atau lonjong permainan. Biasanya di mainkan menggunakan tali kasur dan dimainkan minimal oleh 8 orang. Cara bermainnya sebelum memulai permainan kita membuat garis lurus dan lingkaran. Setelah itu membuat 2 kelompok yang masing-masing tim terdiri dari 4 orang. Untuk menentukan kelompok mana yang akan memulai permainan ini biasanya dilakukan dengan suit atau di undi. Setelah diundi barulah permainan dapat berjalan. Permainan nya ialah yang kalah saat suit atau undian panggalan atau gansingan nya di taruh dalam lingkaran dan yang menang undian bisa mengeluarkan panggalan dari dalam lingkaran. Jika panggalan lawan masuk atau berhenti di dalam lingkaran, maka teman satu timnya harus berusaha untuk bisa mengeluarkan panggalan tersebut. Jika satu tim gagal atau berhenti di dalam lingkaran maka yang sebelumnya mendapat giliran jaga bertukar peran dengan yang bermain. Permainan ini sangat seru bahkan ada yang sampai pecah panggalan saat beradu untuk mengeluarkan panggalan yang di dalam lingkaran.

Layang-layang

Permainan layang-layang aduan ini biasa nya ada setiap menjelang Bulan Ramadhan. Permainan ini menggunakan layang-layang berukuran kecil berbentuk segi tiga saat melakukan permainan layang-layang, aduan tentu kita menggunakan benang gelasan untuk memperkuat atau mempersenjatai layang-layang kita saat beradu dengan lawan. Benang gelasan terbuat dari pecahan atau serbuk beling. Benang ini sangat tajam dan mengandung pewarna pakaian. Saat menggunakan benang gelasan disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu panjang, karena benang gelasan yang terlalu panjang dapat melukai tangan. Pakai secukupnya kurang-lebih 3 meter dan di lanjutkan dengan benang kenur. Cara bermain layang aduan sangat mudah. Kita hanya perlu mencari lawan atau musuh yang ada di sekitar kita, setelah lawan atau musuh sudah terlihat kita dapat menggerakkan layang-layang sesuai keinginan kita setelah benang saling terjerat tarik kuat-kuat hingga layangan lawan putus dan kita menang.

Ketiga permainan di atas hanya beberapa dari banyak sekali permainan yang lain nya yang sangat menyenangkan. Namun, sayangnya, permainan-permainan tersebut sudah sangat jarang sekali kita temui, terutama di kota-kota besar. Sudah menjadi tugas kita sebagai generasi muda untuk melestarikan budaya agar permainan tersebut tidak punah atau terlupakan oleh teknologi.