Coworking Space sebagai Sebuah Peluang Membuka Bisnis

Coworking Space sebagai Sebuah Peluang Membuka Bisnis

Coworking Space atau ruang bersama bisa diartikan sebagai tempat dimana para professional berkumpul bersama untuk melakukan suatu pekerjaan. Di jaman yang sudah maju ini,  bekerja dengan konsep coworking merupakan pilihan yang tepat. Karena bekerja sendirian mungkin akan terasa kurang bergairah. Bekerja dalam satu ruangan dengan beberapa orang yang memiliki latar belakang berbeda tentu bisa membuat suasana semakin berwarna. Kita bisa bertukar ide atau gagasan dengan orang lain. Ide dari masing-masing orang yang meskipun bukan rekan kerja tentu dapat membantu bisnis yang tengah dijalani. Tak jarang hasil pemikiran dari banyak orang jika digabungkan bisa menjadi suatu pemikiran dan konsep yang lebih unggul.

Sekarang kita akan berfikir bagaimana para professional bisa betah bekerja dengan model coworking space. Dengan latar belakang yang berbeda tentu akan ada kebiasaan yang mungkin tidak sama. Contoh, ada orang yang terbiasa bekerja sambil merokok, sementara yang lain tidak terbiasa merokok. Nah, untuk menjembatani situasi seperti ini perlu adanya aturan yang bisa membuat nyaman para pekerja, dan pastinya tidak ada yang dirugikan. Bisa saja dalam satu bisnis ini dibagi menjadi smoking area dan non-smoking area. Ada juga orang yang suka bekerja dengan minum kopi di depan laptop, sementara ada yang tidak suka minum kopi. Biasanya dalam suatu coworking sudah disediakan fasilitas-fasilitas tersebut. Hal ini dibuat agar para pekerja ambil sesuai dengan seleranya masing-masing.

Fasilitas umum di dalam coworking space juga perlu diperhatikan. Seperti koneksi internet yang memadai, AC yang nyaman (khusus non smoking area), tempat duduk dan meja yang representatif. Selain itu, kebiasaan untuk menjaga kebersihan tentu berbeda. Yang jelas dengan adanya perbedaan gaya hidup dan cara bekerja bisnis ini tetap berjalan. Semua bisa bekerja dengan nyaman dalam satu wadah yang sama. Fasilitas toilet yang selalu bersih, ketersediaan air yang cukup dan listrik yang stabil. Bekerja dengan komputer atau laptop dan koneksi internet tidak luput dari kebutuhan listrik yang stabil dan selalu ada. Penerangan lampu yang memadai dan yang jelas daya listrik bisa melayani semua permintaan beban listrik yang ada dalam satu kantor.